Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada SMK N 5 Gorontalo

Main Article Content

Mukhlisulfatih Latief
Sitti Suhada
Tajuddin Abdillah
Roviana H. Dai
Indhitya R. Padiku5
Risnawati M. Huraju

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas XI RPL di SMK Negeri 5 Gorontalo ditemukan permasalahan pada pada materi structured query language terutama pada proses pembelajaran yang masih menggunakan modul pembelajaran. Kondisi ini membuat siswa tidak tertarik dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh pada proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia pada materi SQL, Mengukur kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan dan kepraktisan. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model Borg ang Gall. Sebelum di uji cobakan kepada pengguna (siswa), media pembelajaran yang dikembangkan terbih dahulu divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Untuk mengumupulkan data ahli media dan ahli materi peneliti menggunakan angket uji kelayakan media. Hasil penelitian menunjukan : (1) validasi ahli media tahap 1 mendapatkan skor total 91 (95,78 %) dan validasi ahli media tahap 2 mendapatkan skor total 91 (95,78 %), (2) hasil validasi ahli materi tahap 1 dengan skor 104 (86,66 %) dan hasil validasi ahli materi tahap 2 dengan skor 118 (98,33 %). Setelah melalui serangkaian validasi ahli kemudian di uji cobakan ke pada pengguna. Hasil dari uji coba media pembelajaran multimedia interaktif di kelas XI RPL SMK Negeri 5 Gorontalo memperoleh skor 1233 (94,84%). Dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran layak digunakan sebagai alternative guru dalam proses belajar mengajar khusunya pada materi SQL.

Based on a preliminary study conducted in class XI RPL at SMK Negeri 5 Gorontalo, problems were found in the structured query language material, especially in the learning process which still uses learning modules. This condition makes students not interested in the learning process so that it affects the teaching and learning process. This study aims to develop multimedia-based learning media on SQL material, measure the feasibility of developed learning media and practicality. The research method is research and development (research and development) using the Borg ang Gall model. Before being tested on users (students), the learning media developed were first validated by media experts and material experts. To collect data from media experts and material experts, researchers used a media feasibility test questionnaire. The results showed: (1) media expert validation stage 1 got a total score of 91 (95.78%) and media expert validation stage 2 got a total score of 91 (95.78%), (2) results of material expert validation stage 1 with a score 104 (86.66%) and the results of the stage 2 material expert validation with a score of 118 (98.33%). After going through a series of expert validations, it is then tested on users. The results of the trial of interactive multimedia learning media in class XI RPL SMK Negeri 5 Gorontalo obtained a score of 1233 (94.84%). It can be concluded that the use of instructional media is appropriate for use as an alternative teacher in the teaching and learning process, especially in SQL material.

Article Details

How to Cite
Latief, M. ., Suhada, S., Abdillah, T., Dai, R. H. ., Padiku5, I. R. ., & Huraju, R. M. . (2023). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada SMK N 5 Gorontalo. Empiris Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 21–31. https://doi.org/10.59713/ejppm.v1i1.665
Section
Articles
Author Biographies

Mukhlisulfatih Latief, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Teknologi Informasi/Teknik Iinformatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo

Sitti Suhada, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Teknologi Informasi/Teknik Iinformatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo

Tajuddin Abdillah, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Teknologi Informasi/Teknik Iinformatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo

Roviana H. Dai, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Teknologi Informasi/Teknik Iinformatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo

Indhitya R. Padiku5, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Teknologi Informasi/Teknik Iinformatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo

Risnawati M. Huraju, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Teknologi Informasi/Teknik Iinformatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo

Most read articles by the same author(s)