Village Government Capabilities in Organizing Siaga Dukcapil Services in Munsalo Village Kuantan Singingi Regency
Main Article Content
Abstract
Kapabilitas menjadi salah satu komponen krusial dalam menilai SDM yang ada di organisasi pemerintahan, termasuk pemerintahan desa. Website Siaga Dukcapil merupakan inovasi baru dalam sistem pelayanan Disdukcapil Kabupaten Kuantan Singingi untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang efektif secara online. Desa Munsalo sebagai salah satu desa yang memberikan layanan adminduk secara digital. Namun, permasalahan terkait ketidakmampuan aparatur desa dalam memanfaatkan sistem Siaga Dukcapil menjadi problematika tidak tercapainya penyelenggaraan pelayanan publik yang optimal. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menjelaskan kapabilitas pemerintah desa dalam penyelenggaraan pelayanan Siaga Dukcapil di Desa Munsalo Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dianalisis menggunakan aplikasi Nvivo 12 Plus untuk menjawab tujuan penelitian secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kapabilitas Pemerintah Desa Munsalo dalam penyelenggaraan pelayanan publik melalui website Siaga Dukcapil tahun 2023 masih belum optimal. Pertama, dimensi pengetahuan dan keterampilan masih dihadapkan dengan masalah tidak adanya pembinaan dari Disdukcapil Kabupaten dan Pemerintah Kecamatan kepada operator desa, sehingga keterampilan aparatur dalam penginputan data kependudukan masyarakat desa melalui Siaga Dukcapil masih minim. Kedua, dimensi sistem teknis masih terdapat permasalahan terkait tidak adanya SOP dan terbatasnya sarana prasarana untuk menunjang pelayanan yang diberikan. Ketiga, dimensi sistem manajerial berkaitan dengan belum maksimalnya kemampuan kepala desa dalam menjalankan regulasi sehingga operator adminduk desa sulit ditemui masyarakat dan minimnya sosialisasi program adminduk di desa. Keempat, dimensi nilai dan norma permasalahan terkait aspek kebermanfaatan yang belum optimal bagi masyarakat lokal karena waktu penyelesaian dokumen adminduk melalui Siaga Dukcapil yang masih belum efisien dan sering mengalami kendala jaringan.
Capability is one of the crucial components in assessing human resources in government organizations, including village governments. The Siaga Dukcapil website is an innovation in the Disdukcapil service system of Kuantan Singingi Regency to provide effective online population administration services. Munsalo Village is one of the villages that provides digital adminduk services. However, the problem related to the inability of village officials to utilize the Siaga Dukcapil system is a problem that has not achieved optimal public service delivery. Therefore, this study aims to explain the capabilities of the village government in providing Siaga Dukcapil services in Munsalo Village, Kuantan Singingi Regency. This study uses a descriptive qualitative approach which is analyzed using the Nvivo 12 Plus application to answer the research objectives systematically. The results of this study indicate that the capabilities of the Munsalo Village Government in providing public services through the Siaga Dukcapil website in 2023 are still not optimal. First, the knowledge and skills dimension is still faced with the problem of the absence of guidance from the Regency Population and Civil Registry Office and the Sub-district Government to village operators, so that the skills of the apparatus in inputting population data for village communities through Siaga Dukcapil are still minimal. Second, the technical system dimension still has problems with the absence of Standard Operating Procedures and limited facilities and infrastructure to support the services provided. Third, the managerial system dimension is related to the less than optimal ability of village heads to implement regulations so that village population administration operators have difficulty meeting with the community and the minimal socialization of population administration programs in the village. Fourth, the value and norm dimension of the problem is related to the benefits that are not optimal for local communities because the completion time for population administration documents through Siaga Dukcapil is still inefficient and often experiences network problems.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
A Yasin, N. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat di Desa Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula.
Allsop, D. B., Chelladurai, J. M., Kimball, E. R., Marks, L. D., & Hendricks, J. J. (2022). Qualitative Methods with Nvivo Software: A Practical Guide for Analyzing Qualitative Data. Psych, 4(2), 142–159. https://doi.org/10.3390/psych4020013
Andriyus, Utang Suwaryo, Neneng Yani Yuningsih, R. M. (2023). Village Goverment Capbility In Implenting Village Financial System Applications In Indonesia. The Seybold Report Journal, 18(4), 1215–1232. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/NCFAM
Andriyus, Utang Suwaryono, Neneng Yani Yuningsih, R. M. (2023). Village Goverment Capability In Implementing Village Financial System Applications In Indonesia. The Seybold Report, 18(104), 1218–1219. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/NCFAM
Ardiansyah, Efendi Ibnu Susilo, Panca Setyo Prihatin, Pahmi Amri, M. R. (2023). Penataan Digitalisasi Administrasi Pertanahan Berbasis Kebijakan Hukum di Desa Gobah Kabupaten Kampar Riau. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 99–106. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i1.11151
Arenawati. (2014). Meningktkan Kapabilitas Birokrasi Melalui Pembelajaran Organisasi. Jurnal Ilmiah Niagara, VI(1), 77–88.
Aristia, R. (2015). Kemampuan Aparatur Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kampung Datah Bilang Baru Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Ulu. Journal Ilmu Pemerintahan, 3(1), 454–455.
Budi Setiawati, & Suparti, H. (2024). Kapabilitas Pemerintahan Desa Dalam Collaborative Governance. PubBis: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 8(1), 39–49. https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v8i1.948
Christensen, R. K., Paarlberg, L., & Perry, J. L. (2017). Public Service Motivation Research: Lessons for Practice. Public Administration Review, 77(4), 529–542. https://doi.org/10.1111/puar.12796
Darusman, F., & Wijaya, C. (2020). Kapabilitas Dinamis Sektor Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 16(1), 1–12.
Fardell, B. (2020). Conceptualising Capabilities and Dimensions of Advantage as Needs. Journal of Human Development and Capabilities, 21(3), 263–276. https://doi.org/10.1080/19452829.2020.1777952
Fife, S. T., & Gossner, J. D. (2024). Deductive Qualitative Analysis: Evaluating, Expanding, and Refining Theory. International Journal of Qualitative Methods, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.1177/16094069241244856
Harsono, P. (2016). Kapabilitas Aparat Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 181–182. https://doi.org/10.31506/jap.v7i2.2455
Harun, A. T., Djakaria, D. V., & Dunggio, S. (2024). The Influence of Motivation on Work Effectiveness in the Tolinggula Subdistrict Office, North Gorontalo Regency. Provider Jurnal Ilmu Pemerintahan, 03(02), 103–116. https://doi.org/10.59713/projip.v3i2.1083
Kalepo, R., Sakir, M., & Mediansyah, A. R. (2022). Pengaruh Sikap dan Kompetensi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Provider Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.59713/projip.v1i1.36
Kamaruzaman, N., & Abdul Manaf, N. (2024). Optimal behavioral performance and power generation potential from palm oil mill industry: Case study using downdraft gasification with power generation. International Journal of Green Energy, 21(5), 929–947. https://doi.org/10.1080/15435075.2023.2225589
Kuansing.go.id. (2023). Jendela Desa. https://kuansing.go.id/id/direktori/kecamatan/kuantan-tengah.html
Lemu, M. R. S., & Dunggio, S. (2022). Hubungan Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Sosial Kabupaten Banggai Laut. Provider Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.59713/projip.v1i1.38
M. Rafi, Agus Susanto, Hazqon Fuadi Nasution, R. P. P. (2024). Urgensi Core Capabilities Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Taman Karya.
M. Rafi, Rico Purnawandi Pane, Agus Susanto, Hazqon Fuadi Nasution, Fitri Ramadhani, G. M. (2024). The Importance of Improving Core Capabilities in the Implementing of Website-Based Government Information Systems in the Gobah Village, Kampar Regency, Riau. Proceedings of the 6th International Conference on Law, Social Sciences and Education (ICLSSE 2024), 1–9. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2024.2353749
Marcelino, Sakir, M., & Abdussamad, N. (2023). Pengaruh Profesionalisme Aparatur Terhadap Akuntabilitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Kota Timur. Provider Jurnal Ilmu Pemerintahan, 02(01), 33–52. https://doi.org/10.59713/projip.v2i1.385
Mariska Zena Wilona, Agus Riwanto, M. M. (2017). Fungsi Pemerintah Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan Berdasarkan Prinsip Good Governanve. RES PUBLICA, 1(3), 60–66.
Meliyanti, I. A. (2018). Kemampuan Kerja Aparatur Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administratif Di Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 126–127.
Mulyani, S. (2019). Otonomi Daerah Dan Kapabilitas Organisasi Menuju Keberhasilan Pembangunan Desa. Manajemen Dan Kebijakan Publik, 5(2), 129. https://doi.org/10.14710/gp.4.2.2019.126-131
Nurcholis, H. (2011). Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Erlangga.
Pakarain, I. R., & Abdussamad, Z. (2022). Penguatan Kapasitas Kinerja Aparatur Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Provider Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 67–81. https://doi.org/10.59713/projip.v1i2.267
Pilcher, N., & Cortazzi, M. (2024). “Qualitative” and “quantitative” methods and approaches across subject fields: implications for research values, assumptions, and practices. Quality and Quantity, 58(3), 2357–2387. https://doi.org/10.1007/s11135-023-01734-4
Pratiwi, A. D. R. (2021). Transformasi Tata Kelola Pelayanan Publik di Tengah Pandemi COVID-19 : Kasus Penerapan Aplikasi JAKI di Provinsi DKI Jakarta. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi: Inovasi Pelayanan Dan Kepemimpinan Publik Menggapai Era Society 5.0, 233–238.
Rahman, K. (2018). Pelayanan Pemerintahan Yang Bertanggung Jawab. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 16(2), 34. https://doi.org/10.35967/jipn.v16i2.5823
Riauonline.co.id. (2022). Baru 2 Kecamatan di Kuansing Aktif Beri Layanan Adminduk Secara Digital. https://www.riauonline.co.id/rantau-kuantan/read/2022/12/06/baru-2-kecamatan-di-kuansing-aktif-beri-layanan-adminduk-secara-digital
Rodiyah, Sukamana, C. (2021). Pengembangan Kapasitas SDM Aparatur Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Di Desa Kenongo Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidiardjo. Publisa: Jurnal Ilmu Administrasi Publi, 6(32–41).
Salahudin, S., Nurmandi, A., & Loilatu, M. J. (2020). How to Design Qualitative Research with NVivo 12 Plus for Local Government Corruption Issues in Indonesia? Jurnal Studi Pemerintahan, 11(3), 469–498. https://doi.org/10.18196/jgp.113124
Suryatiningsih, S., Sujana, A. P., & Ramadani, L. (2022). Pembangunan Kapabilitas Digital dalam Upaya Mewujudkan Smart Village Desa Citeureup Kabupaten Bandung. Charity: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1a), 49–53. https://doi.org/10.25124/charity.v5i1a.4542
Tarmizi. (2016). Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Desa Teluk Bano 1 Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2013-2014. JOM FISIP, 3(2), 1–2.
Umulia Hermanses, A. P. . S. (2023). Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Tahalupu Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagia Barat. Professional Ilmu Komunikasi Dan Administrasi Publik, 10(2), 430.
Yaafi Rozaan Prasojo, Tri Tiya Widiyarini, Muhammad Rici Nur Ardiansyah, K. E. W. (2024). Strategi Pemerintahan Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Banjarsari Kabupaten Probolinggo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(2), 759–760.