Aktivitas Promosi Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo Dalam Upaya Menarik Minat Masyarakat Mengunjungi Wisata Benteng Otanaha

Isi Artikel Utama

Fauzia Arabela Safari
Minarni Tolapa
Ariandi Saputra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas promosi dinas pariwisata kepemudaan dan olahraga dalam upaya menarik minat masyarakat mengunjungi wisata benteng otanaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dengan informan penelitian yang menjadi sumber informasi berjumlah 5 orang. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini di fokuksan pada aktivitas promosi yaitu iklan, pemasaran langsung, kehumasan, dan pemasaran interaktif. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwsata Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo untuk meningkatkan kembali jumlah pengunjung wisata Benteng Otanaha yaitu dengan iklan melalui media cetak, dan media elektronik, di mana media yang digunakan adalah Koran, radio, leaflet, dan brosur. Pemasaran langsung yaitu dengan melakukan acara (events), seperti festival otanaha, pemilihan nou dan uti serta wisata akhir tahun. Kehumasan dilakukan dengan menjalin kerjasama pihak-pihak yang membantu mempromosikan wisata benteng otanaha seperti bekerja sama dengan beberapa pihak hotel yang ada di Gorontalo dan juga komunitas Masyarakat Fotografi Gorontalo (MFG) yang melakukan promosi melalui fotografi. Pemasran interaktif yang dilakukan yaitu dengan mempromosikan Benteng Otanaha melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Website agar wisata Benteng Otanaha dapat dikenal lebih luas lagi.


This study aims to find the promotional activities of the Youth and Sports Tourism Office to attract public interest in visiting the Otanaha Fort Tourism Object. The data collection techniques used are observation and interviews. The informants as the source of information are 5 people. This study is conducted at the Youth and Sports Tourism Office of Gorontalo City using a descriptive qualitative method. This study focuses on promotional activities, namely advertising, direct marketing, public relations, and interactive marketing. Based on the results of the study on promotional activities carried out by the Youth, Sports, and Tourism Office of Gorontalo City to increase the number of visitors to the Otanaha Fort Tourism Object, namely by advertising through printed mediaand electronic media. The media used are newspapers, radio, leaflets, and brochures. Direct marketing is by conducting events, such as the Otanaha festival, Nou and Uti Program and year-end tours. Public Relations activities are done by cooperating with parties that help promote Otanaha Fort tours such as working with several hotels in Gorontalo and also the Gorontalo Photography Society (MFG), a community that promotes through photography. Interactive marketing is done by promoting the Otanaha Fort through social media such as Facebook, Instagram, YouTube, and website so that the Otanaha Fort Tourism Object can be more widely popular.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Safari, F. A. ., Tolapa, M., & Saputra, A. . (2025). Aktivitas Promosi Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo Dalam Upaya Menarik Minat Masyarakat Mengunjungi Wisata Benteng Otanaha . Receiver Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.59713/rjik.v1i1.1406
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Fauzia Arabela Safari, Universitas Ichsan Gorontalo

Program Studi Ilmu Komunikasi

Minarni Tolapa, Universitas Ichsan Gorontalo

Program Studi Ilmu Komunikasi

Ariandi Saputra, Universitas Ichsan Gorontalo

Program Studi Ilmu Komunikasi

Referensi

Abdussamad, Z. Hidayat, Mohamad (2022). Etika Penggunaan Media Sosial dalam Promosi Destinasi Wisata di Desa Patoameme. Akutansi Humaniora Jurnal Pengbadian Masyrakat. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Anam, Samsul, dkk, (2013). Manajemen Pemasaran. Surabaya :IAIN Sunan Ampel Press

Cangara, Hafied, (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. (1990). Ilmu Komunikasi.Bandung : Remaja Rosdakarya

Febriani, Nufian S. (2018). Teori dan Paktis : Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang : UB Press

M.A, Morissan, (2012). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Moriarty, Sandara, dkk, (2011). Advertising. Jakarta : Kencana Pernada Media Group

Mulyana, Dedi. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Oktarina, Yetty, dan Yudi Abdullah. (2017). Komunikasi Dalam Prespektif Teori dan Praktik. Yogyakarta : Deepublish.

Payangan, Otto R. (2013). Pemasaran Jasa Pariwisata. Bogor : IPB Press

Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukoco, Sampir Andrean. (2019). New Komunikasi Pemasaran : Teori dan Aplikasinya. Surabaya : Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2017). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Widjaja, H.A.W. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta : Rineka Cipta

Wisnama, I Made Bayu, dkk.(2019). Manajemen Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta : Deepublish