Pengaruh Aktivitas Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar di Fox Hotel Gorontalo

Isi Artikel Utama

Denada Q. R. Hilala
Minarni Tolapa
Salma P. Nua

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh aktivitas promosi terhadap tingkat hunian kamar di Fox Hotel Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 37 orang. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil ini menunjukkan bahwa aktivitas promosi berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar di FOX Hotel Gorontalo sebesar 0,546 atau 54,6%, dan sisanya sebesar 0,454 (45,4%) berasal dari variabel lain di luar penelitian ini. Pengaruh ini dapat dikatakan cukup kuat yang berarti aktvitas promosi yang dilakukan belum begitu maksimal dalam memberikan kontribusi untuk peningkatan hunian kamar, padahal pihak manajemen hotel telah berupaya keras dalam melakukan aktivitas promosi, bail menggunakan media cetak ataupun media elektronik. Kebanyakan tamu hotel memilih FOX Hotel Gorontalo karena hotel ini lokasinya mudah dijangkau karena terletak di pusat kota dan dekat pusat perbelanjaan.

This research aims to determine the magnitude of the influence of promotional activities on room occupancy rates at Fox Hotel Gorontalo. This research uses a quantitative approach with a survey method. The number of samples in this study was 37 people. The data analysis method uses simple linear regression analysis. These results indicate that promotional activities influence the room occupancy rate at FOX Hotel Gorontalo by 0.546 or 54.6%, and the remaining 0.454 (45.4%) comes from other variables outside this research. This influence can be said to be quite strong, which means that the promotional activities carried out have not been maximal in contributing to increasing room occupancy, even though the hotel management has tried hard to carry out promotional activities, including using print media or electronic media. Most hotel guests choose FOX Hotel Gorontalo because this hotel's location is easy to reach because it is located in the city center and near shopping centers.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hilala , D. Q. R. ., Tolapa, M., & Nua, S. P. . (2025). Pengaruh Aktivitas Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar di Fox Hotel Gorontalo. Receiver Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 01–09. https://doi.org/10.59713/rjik.v1i1.1407
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Denada Q. R. Hilala , Universitas Ichsan Gorontalo

Program Studi Ilmu Komunikasi

Minarni Tolapa, Universitas Ichsan Gorontalo

Program Studi Ilmu Komunikasi

Salma P. Nua, Universitas Ichsan Gorontalo

Program Studi Ilmu Komunikasi

Referensi

Abdullah H, Syakir, dkk. 2019. Strategi Promosi dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas Vol. 3, No. 2 November 2019.

Adiatma, Dani, dkk. 2022. Pengaruh Promosi terhadap Tingkat Hunian Kamar di Favehotel Cimanuk Garut. Jurnal Industri Pariwisata e-ISSN : 2620-9322 Vol 5, No. 1, 2022.

Febriana, R, dkk. 2012. Perkembangan Tingkat Hunian Hotel Dengan Determinasi Biaya Promosi dan Biaya Pelayanan Jasa Hotel. Jurnal Sosial Humaniora ISSN 2087-4928 Volume 3 Nomor 2, Oktober 2012.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor:

Nganro, Puspitasari Muslimin. 2020. Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Hunian Kamar Hotel Idea’s Bandung. Prosiding Manajemen ISSN: 2460-6545, Volume 6, No. 1, Tahun 2020.

Ritasary, Rd. Rita, dan Susanty. 2016. Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Pullman Jakarta Central Park. Jurnal Sains Terapan Pariwisata Vol.1,No.1,p.43-53.

Sari, Andini Indria. 2020/ Pengaruh Promosi terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Mesra Business dan Resort Hotel di Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, Volume 8, Nomor 1, 2020.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Andi. Yogyakarta: