Difusi Inovasi AI oleh Kelompok UMKM Indonesia (umkmindonesiaofficial) dalam Komunikasi Pemasaran Digital

Isi Artikel Utama

Moch Zamzami
Heidy Arviani

Abstrak

Kehadiran Artificial Intelligence sebagai inovasi teknologi memiliki potensi besar untuk membantu UMKM dalam berbagai aspek untuk mencapai tujuan pemasarannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana UMKM mengadopsi AI sebagai inovasi untuk diimplementasikan pada kegiatan komunikasi pemasaran digital dalam rangka menjangkau konsumennya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teori Difusi Inovasi oleh Everett Rogers sebagai kerangka analisis. Data dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi, serta melakukan wawancara mendalam pada UMKM yang tergabung dalam kelompok komunitas UMKM Indonesia di media sosial Facebook dengan kriteria tertentu. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola pemanfaatan AI, tantangan yang dihadapi, dan dampaknya terhadap efektivitas pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi teknologi AI telah dimanfaatkan oleh anggota kelompok UMKM Indonesia untuk mendukung digital marketing communication dengan cukup baik namun perlu pengoptimalan. Berdasarkan Teori Difusi Inovasi oleh Everett Rogers, pelaku UMKM yang mengadopsi AI umumnya termasuk dalam kategori early majority, yang cenderung membutuhkan bukti keberhasilan sebelum mencoba inovasi baru. Meskipun demikian, pelaku UMKM masih menghadapi kendala seperti kompleksitas teknologi, keterbatasan biaya, dan kurangnya dukungan eksternal berupa pelatihan atau fasilitas. Penelitian ini menunjukkan besarnya potensi AI bagi pelaku UMKM di masa mendatang untuk membantu bertahan di era digitalisasi ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zamzami, M., & Arviani, H. . (2025). Difusi Inovasi AI oleh Kelompok UMKM Indonesia (umkmindonesiaofficial) dalam Komunikasi Pemasaran Digital. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 4(2), 444–456. https://doi.org/10.59713/jipik.v4i2.1285
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Moch Zamzami, UPN Veteran Jawa Timur

Prodi Ilmu Komunikasi

Heidy Arviani, UPN Veteran Jawa Timur

Prodi Ilmu Komunikasi

Referensi

Al-Ansori, M. Z., & Saifudin, W. . (2025). Convergence Management at Mercury 96 Fm Radio Surabaya to Maintain Its Existence: Konvergensi Radio Mercury 96 Fm Surabaya, Manajemen Konvergensi Radio Mercury 96 Fm Surabaya. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.59713/jipik.v4i1.991

Ali, I. F. ., Tolapa, M. ., & Nua, S. P. (2022). Analisis Semiotika Unsur-Unsur Budaya Jawa Timur Dalam Film Bumi Manusia. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 1(1), 50–62. https://doi.org/10.59713/jipik.v1i1.28

Arzikulov, O. A. ugli. (2021). ARTIFICIAL INTELLIGENCE TO INCREASE THE EFFICIENCY OF SMALL BUSINESSES. International Scientific Journal Theoretical & Applied Science, 100(08), 412–415. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.15863/TAS.2021.08.100.77

Basri, W. (2020). Examining the impact of artificial intelligence (Ai)-assisted social media marketing on the performance of small and medium enterprises: Toward effective business management in the saudi arabian context. International Journal of Computational Intelligence Systems, 13(1), 142–152. https://doi.org/10.2991/ijcis.d.200127.002

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

Hayati, R. (2023). BAB 3 INOVASI DAN KATEGORI ADOPTER. Inovasi Pendidikan, 4(1), 25.

Hutagalung, A. S., & Syahminan, M. (2024). Marketing Communication Strategy in Increasing Product Sales Results Case Study of PT. Nazar Paint Kiloan Sibolga Paint Branch. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 3(2), 53–70. https://doi.org/10.59713/jipik.v3i2.948

Jannach, D., Adomavicius, G., & Tuzhilin, A. (2016). "Recommender Systems for Personalization in E-Commerce."

Lund, B. D., & Wang, T. (2023). Chatting about ChatGPT: How may AI and GPT impact academia and libraries? Library Hi Tech News, 40(3), 26-29.

Mubarak, H. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu. com

Muntaha, N. G. ., & Amin, A. . (2023). Difusi Inovasi, Diseminasi Inovasi, Serta Elemen Difusi Inovasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2548–2554. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13624

Nambisan, S., Lyytinen, K., Majchrzak, A., & Song, M. (2017). "Digital Innovation Management: Reinventing Innovation Management Research in a Digital World." MIS Quarterly, 41(1), 223-238

Pratama, herawan wahyu. (2016). Difusi Inovasi dan Adopsi Program Jaminan Kesehatan Nasional, 6–10

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). New York: Free Press.

Setyawan, N. R., Kalalinggi, R., & Anggraeiny, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program E-Samsat di Kantor Samsat Kota Samarinda. EJournal Pemerintahan Integratif, 7(1), 11-20.

Shiddiq, M. S., & Junaidy. (2023). Analysis of Digital Marketing Usage by Small and Medium Enterprises in Bogor Regency (Study SME’s Actors Abilities to Use Information and Communication Technology). International Journal of Advanced Engineering and Management Research, 08(06), 01–16. https://doi.org/10.51505/ijaemr.2023.8601

Sihombing, J., & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Kemampuan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis. J-PiMat, 5(2), 799-806.

Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.

Yparrea, N.G., & Hernández-Rodríguez, F. (2024). Unveiling Generative AI in Higher Education: Insights from Engineering Students and Professors. 2024 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 1-5.

Zain, A. Z., & Pratiwi, I. E. (2023). Ramai Soal Pedagang Tanah Abang Minta E-Commerce Selain TikTok Shop Juga Ditutup, Ini Komentar Pakar [Halaman Web]. Diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2023/10/10/171500965/ramai-soal-pedagang-tanah-abang-minta-e-commerce-selain-tiktok-shop-juga?page=all