Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Universitas Ichsan Gorontalo Proram Studi Ilmu Komunikasi

Main Article Content

Ferdi Ente
Dwi Ratnasari
Ariandi Saputra

Abstract

Penerapan teknologi komunikasi yang juga dipandang sebagai penerapan prinsip komunikasi ilmiah melalui penemuan perangkat teknis di masa sekarang dimana teknologi sangat erat kaitannya dengan internet. Saat ini aplikasi yang sedang populer di kalangan remaja adalah "Tiktok". Para remaja kini menggunakan aplikasi Tiktok untuk membuat dan mengunggah video yang dibuatnya. Permasalahan inilah kemudian diangkat menjadi tema pelitian dalam artikel ini sehingga tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap kreativitas mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ichsan Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 29 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok berpengaruh terhadap kreativitas mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ichsan Gorontalo. Artinya, kreativitas mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ichsan Gorontalo dapat dijelaskan oleh penggunaan aplikasi TikTok.


The application of communication technology is also seen as the application of scientific communication principles through the invention of technical devices in the present where technology is closely related to the internet. Currently the application that is popular among teenagers is "Tiktok". Teenagers now use the Tiktok application to create and upload the videos they make. This problem is then raised as the research theme in this article so that the aim is to find out the effect of using the TikTok application on the creativity of students of the Communication Studies Program, University of Ichsan Gorontalo. This study uses a quantitative approach using survey methods. The number of samples in this study were 29 people. Methods of data analysis using simple linear regression analysis. The results of the study show that the use of the TikTok application affects the creativity of students of the Ichsan University Gorontalo Communication Study Program. This means that the creativity of Ichsan University Gorontalo University Communication Studies Program students' creativity can be explained by the use of the TikTok application.


 

Article Details

How to Cite
Ente, F., Ratnasari, D., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Universitas Ichsan Gorontalo Proram Studi Ilmu Komunikasi. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 141–155. https://doi.org/10.59713/jipik.v2i2.643
Section
Articles

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI (ed.)). Jakarta : PT Rineka Cipta.

Buana, U., & Karawang, P. (2023). Analisis Dampak Penggunaaan Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Beli Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang Angkatan 2020. 2(3).

Chotijah Fanaqi. (2021). Tiktok Sebagai Media Kreativitas Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dakwah, 22(1), 105–130.

Elfira, A. (2019). Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Remaja Di Kelurahan Cikoro Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa.

Fitri; Annisa Nurintha. (2021). Pengaruh media sosial tiktok terhadap kreativitas mahasiswa ilmu komunikasi universitas negeri jakarta angkatan 2019. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(1).

Fitri, A. N., Pertiwi, L. B., & Sary, M. P. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019 [The Impact of Tiktok Social Media on the Creativity of Communication Studies Students, Jakarta State University Class of 2019]. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(1), 37–46.

Mailoor, A., Senduk, J. J., & Londa, j w. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial. Jurnal Acta Diurna, VI(1), 1–10.

Mulyana, D. (2008). Illmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioeknologi . Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Oktavia, Y. (2014). Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. ..Urnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 808– 831.

Olahan Kuesioner Aplikasi SPSS. (2023). Olahan Kuesioner.

Patimah, L. (2023). Pengaruh Media Sosial dengan Menggunakan Aplikasi Tiktok terhadap Hasil Belajar Matematika. 12(1), 311–319. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2917

Putry, H. M. E., & Muassomah, M. (2021). Tiktok Application as a Project Based Arabic Learning Media. ALSINATUNA. 6(2), 139–154. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v7i2.3286

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Riduwan. (2018). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Rizkiani, F., & Tamburian, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Kreativitas Murid SMA Yuppentek 1 Tangerang di Masa Pandemi. Kiwari, 1(2), 252. https://doi.org/10.24912/ki.v1i2.15516

Rusdiana, Z. M. (2017). Komunikasi dan Teknologi Informasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Setiadi; Ahmad Setiadi. (2012). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektivitas Komunikasi. Jurnal AMIK BSI Kerawang.

Setiawati, T., Krisnawati, M., & Yuliani, F. (2023). Pengaruh Pemanfaatan TikTok Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan Mahasiswa Tata kecantikan Universitas Negeri Semarang. 12(1), 11–20.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). MetodePenelitianAdministrasi. Bandung: Alfabeta cv.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018a). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta.

Suhardiman, A., & Muhammad kamaluddin, M. kamaluddin. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42–53. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.171

Tiktok, D. A., & Rafina, S. (2022). Terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Universitas Medan Area Skripsi Oleh : Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Medan Area Medan Skripsi Diajukan sebagai syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universi.

Zayyan, S., & Saino. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Jurnal Manajemen, Vol 13(No 2), 282–291.