The Effect of Somethinc Product Review on TikTok on Brand Awarenes in Medan City

Main Article Content

Shalli Anggia Putri
Syafruddin Pohan
Chairunnisah Rahmi Nasution

Abstract

This research examines how Somethinc Brand Product Review on Tiktok affects FISIP USU students' brand awareness. This quantitative correlational study included 2,311 female Faculty of Social and Political Sciences students. The Slovin formula was used to sample 95 persons with 10% precision and 90% confidence. Proportional stratified random and purposive sampling are used in this investigation. We collected data via questionnaires. Researchers used validity, reliability, single table, cross table, and Spearman's level coefficient hypothesis testing. FISIP USU students like Somethinc Brand product evaluations on Tiktok, and most have top-of-mind brand awareness. Hypothesis testing demonstrates a correlation coefficient of 0.578 between Somethinc Brand product reviews on Tiktok and brand awareness among FISIP USU students. According to the correlation determination test, the Somethinc Brand product review on Tiktok increases brand awareness among FISIP USU students by 33%.


Penelitian ini meneliti bagaimana Ulasan Produk Merek Somethinc di Tiktok mempengaruhi
kesadaran merek mahasiswa FISIP USU. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 2.311
mahasiswa FISIP USU. Rumus Slovin digunakan untuk mengambil sampel sebanyak 95 orang
dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90%. Pengambilan sampel secara acak bertingkat
proporsional dan purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Kami mengumpulkan data
melalui kuesioner. Para peneliti menggunakan uji validitas, reliabilitas, tabel tunggal, tabel silang,
dan uji hipotesis koefisien tingkat Spearman. Mahasiswa FISIP USU menyukai evaluasi produk
Somethinc Brand di Tiktok, dan sebagian besar memiliki kesadaran merek yang tinggi. Pengujian
hipotesis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,578 antara ulasan produk Somethinc Brand
di Tiktok dengan kesadaran merek di kalangan mahasiswa FISIP USU. Berdasarkan uji
determinasi korelasi, ulasan produk Somethinc Brand di Tiktok meningkatkan kesadaran merek
di kalangan mahasiswa FISIP USU sebesar 33%.

Article Details

How to Cite
Putri, S. A., Pohan, S., & Nasution, C. R. (2025). The Effect of Somethinc Product Review on TikTok on Brand Awarenes in Medan City. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 4(1), 74–86. https://doi.org/10.59713/jipik.v4i1.1138
Section
Articles
Author Biographies

Shalli Anggia Putri, Universitas Sumatera Utara

Pascasarjana Ilmu Komunikasi

Syafruddin Pohan, Universitas Sumatera Utara

Pascasarjana Ilmu Komunikasi

Chairunnisah Rahmi Nasution, Universitas Sumatera Utara

Pascasarjana Ilmu Komunikasi

References

Ainun, H., & Tantra, T. (2023). Pengaruh Customer Review dan Celebrity

Endorsement terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel

Moderasi pada Skincare Produk Serum Somethinc. Jurnal Ilmu Manajemen,

(2). https://doi.org/10.32502/JIMN.V12I2.5955

Ainurrokhmah, M. F., Anisa, N. A., & Megasari, A. D. (2023). Pengaruh Harga

Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet By Najla.

Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 44–

https://doi.org/10.61132/MANUHARA.V1I4.165

Amalia, K., & Nurlinda, R. (2022). Pengaruh influencer marketing dan online

customer review terhadap purchase intention melalui perceived value produk

serum somethinc. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi,

Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2383–2398.

https://doi.org/10.54443/SIBATIK.V1I11.353

Aninditya, S., Setiadarma, A., & Irawatie, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of

Mouth Di Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Skincare Somethinc: Ikon (Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi), 28(2), 154–162.

https://doi.org/10.37817/IKON.V29I2.3471

Anissa, R. D., & Tobing, R. P. (2022). Pengaruh Product Review Dan Viral

Marketing Terhadap Purchase Intention Produk Skincare Merek Lokal

Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi

Volume 4 Nomor 1 Januari-Juni 2025

Indonesia (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Media Sosial TikTok).

JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(1), 133–146.

https://doi.org/10.53625/JOEL.V2I1.3357

Azizah, L., Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran

Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk

Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2), A438–A443.

https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.73923

Bilqist, S., Basalamah, M. R., & Normaladewi, A. (2024). Pengaruh Influencer

Marketing, Brand Awareness, dan Viral Marketing Terhadap Keputusan

Pembelian Skintific di TikTok (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang). EJRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 3934–3942.

https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/25501

Febriani, S., Sriwahyuni, E., & Muttaqin, F. (2023). Efektivitas Review Produk di

TikTok Dalam meningkatkan Minat Beli Mahasiswa UINFAS Bengkulu

Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Keislaman, 6(2), 431–444.

https://doi.org/10.54298/JK.V6I2.3928

Hussain, S., Song, X., & Niu, B. (2023). Pengaruh Dukungan Selebriti, Ulasan

Pelanggan, Dan Pemasaran Viral Pada Media Sosial Tiktok Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Somethinc Di Provinsi Lampung. Jurnal

Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan

Informatika (MANEKIN), 2(1 : September), 33–41.

https://doi.org/10.3389/FPSYG.2019.03055

Juliasari, A., Malihah, I., & Hidayati, lydia A. (2022). Efektivitas Penggunaan

Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pemasaran Akun @Somethincofficial.

Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(2), 260–265.

https://doi.org/10.47233/JKOMDIS.V2I2.368

Karmanita, P. S., & Warmika, I. G. K. (2024). Peran Brand Awareness dalam

Memediasi Review Beauty influencer terhadap Keputusan Pembelian.

Comserva : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(10), 3976–

https://doi.org/10.59141/COMSERVA.V3I10.1194

Khairani, F. F., Indriana, L. U., Tirabusky, V. D., Dalimunthe, M. A., & Sazali, H.

(2022). The Use of Tiktok in Increasing Brand Awareness (Case Study on

Mie Gacoan Followers in Medan). Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan

Humaniora, 2(2), 181-188–181–188. https://doi.org/10.53697/ISO.V2I2.832

Khuan, H., Ramdan, A. M., Risdwiyanto, A., Widyastuti, W., & Wahyuning, S.

(2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Pada Produk

Kosmetik Halal Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmiah

Edunomika, 8(1). https://doi.org/10.29040/JIE.V8I1.10747

Masyitoh, I., Silaban, D., & Sulaeman, E. (2024). Strategi Peningkatan Brand

Awareness Melalui Optimalisasi Social Media Instagram Dan Tiktok Untuk

Pengenalan Merek, Produk, Dan Jasa Sanji Eatery. Jurnal Ilmiah

Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA), 1(3), 63–81.

https://doi.org/10.62017/JIMEA.V1I3.1247

Munawaroh, A., & Herlina, L. (2024). Pengaruh Brand Image dan Brand

Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi

Volume 4 Nomor 1 Januari-Juni 2025

Awareness terhadap Keputusan Pembelian Body Lotion Vaseline (Studi

pada Pengguna Body Lotion Vaseline di TikTok Shop). Jurnal Ilmu Sosial,

Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(3), 391–404.

https://doi.org/10.47747/JISMAB.V5I3.1888

Murhadi, W. R., & Reski, E. C. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran

Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas

Pelanggan Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop). Jurnal

Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 229–240.

https://doi.org/10.32815/JIBEKA.V16I2.471

Nurijayanti, A., Sukamdiani, M., & Perdana, D. N. C. (2023). Pengaruh Review

Produk, Konten Marketing dan Persepsi Harga pada Tiktok terhadap

Keputusan Pembelian Camille Beauty by Nadya Shavira. Jurnal Wiranomika,

(1).

https://jurnal.stiewijayamulya.ac.id/index.php/wiranomika/article/view/14

Permana, E., Ahyani, S., Ramadhanti, D., & Ananda, D. (2023). Strategi

pemasaran dalam membangun brand awareness produk Camille Beauty

melalui platform Tiktok. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen

Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 90–99.

https://doi.org/10.55904/COCREATION.V2I2.803

Pramono, A. S. A., & Pradana, M. (2022). The Influence Of Social Media

Marketing Tiktok On Brand Awareness And Purchase Interest (case Study:

Sociolla). EProceedings of Management, 9(2).

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/managemen

t/article/view/17683

Putra, I. P. D. S. S. (2022). Analisis Konten Video Iklan Pada Aplikasi Tiktok Untuk

Meningkatkan Brand Awareness. Nusantara Hasana Journal, 2(3), 293–401.

https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/514

Ramadhani, H., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Equity,

Viral Marketing, Brand Ambassador, Review Produk, dan Customer

Relationship, Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific di

Tiktok Shop. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4),

–717. https://doi.org/10.572349/MUFAKAT.V2I4.983

Salim, M., & Putri, S. E. (2024). Effect Of Viral Marketing And Brand Awareness

On Purchase Intention With Customer Trust As A Mediation Variable in Tik

Tok Shop User. The Manager Review, 6(1), 1–12.

https://ejournal.unib.ac.id/a46/article/view/33525

Sanin, S. B. F., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Media

Sosial Tiktok PT Otak Kanan Untuk Membangun Brand Awarness. Faedah :

Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 74–83.

https://doi.org/10.59024/FAEDAH.V1I3.253

Shafa, K. A., & Hidayat, A. (2022). Social Media Marketing Activities, Brand

Awareness, and Brand Image of Commitment on Somethinc Product Tiktok

Account. Enrichment : Journal of Management, 12(3), 1613–1619.

https://doi.org/10.35335/ENRICHMENT.V12I3.614

Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi

Volume 4 Nomor 1 Januari-Juni 2025

Sugiharto, N. A., Riyanti, F. A., & Madani, F. (2022). Pengaruh Content Marketing

Dan Content Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee (Survey

pengguna serum Somethinc). Pro Mark, 12(2).

https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/2839

Sulindra, A. N., Ningsih, A. W., Wibowo, A., & Permana, E. (2022). Pemanfaatan

Influencer Produk Somethinc Dalam Strategi Digital Marketing di Kalangan

Masyarakat. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2),

–212. https://doi.org/10.32585/JBFE.V3I2.4102

Sundamanik, R. P., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2024). Pengaruh Influencer

Endorsement dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Produk

Skincare N’Pure Pada TikTok. Management Studies and Entrepreneurship

Journal (MSEJ), 5(2), 6382–6394. https://doi.org/10.37385/MSEJ.V5I2.5012

Tampenawas, J. LA. (2023). Pengaruh Influencer marketing, Conten marketing

dan Efektivitas Tiktok affiliate terhadap Brand Awareness Skincare Hanasui.

Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,

(3), 772–784.

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/49429

Tarigan, A., & Gunawan, Y. (2024). Pengaruh Brand Image dan E-Wom Terhadap

Minat Beli Skincare Somethinc Pada Shopee. Journal of Management : Small

and Medium Enterprises (SMEs), 17(2), 577–597.

https://doi.org/10.35508/JOM.V17I2.17244