The Effect of Somethinc Product Review on TikTok on Brand Awarenes in Medan City
Main Article Content
Abstract
This research examines how Somethinc Brand Product Review on Tiktok affects FISIP USU students' brand awareness. This quantitative correlational study included 2,311 female Faculty of Social and Political Sciences students. The Slovin formula was used to sample 95 persons with 10% precision and 90% confidence. Proportional stratified random and purposive sampling are used in this investigation. We collected data via questionnaires. Researchers used validity, reliability, single table, cross table, and Spearman's level coefficient hypothesis testing. FISIP USU students like Somethinc Brand product evaluations on Tiktok, and most have top-of-mind brand awareness. Hypothesis testing demonstrates a correlation coefficient of 0.578 between Somethinc Brand product reviews on Tiktok and brand awareness among FISIP USU students. According to the correlation determination test, the Somethinc Brand product review on Tiktok increases brand awareness among FISIP USU students by 33%.
Penelitian ini meneliti bagaimana Ulasan Produk Merek Somethinc di Tiktok mempengaruhi
kesadaran merek mahasiswa FISIP USU. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 2.311
mahasiswa FISIP USU. Rumus Slovin digunakan untuk mengambil sampel sebanyak 95 orang
dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90%. Pengambilan sampel secara acak bertingkat
proporsional dan purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Kami mengumpulkan data
melalui kuesioner. Para peneliti menggunakan uji validitas, reliabilitas, tabel tunggal, tabel silang,
dan uji hipotesis koefisien tingkat Spearman. Mahasiswa FISIP USU menyukai evaluasi produk
Somethinc Brand di Tiktok, dan sebagian besar memiliki kesadaran merek yang tinggi. Pengujian
hipotesis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,578 antara ulasan produk Somethinc Brand
di Tiktok dengan kesadaran merek di kalangan mahasiswa FISIP USU. Berdasarkan uji
determinasi korelasi, ulasan produk Somethinc Brand di Tiktok meningkatkan kesadaran merek
di kalangan mahasiswa FISIP USU sebesar 33%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ainun, H., & Tantra, T. (2023). Pengaruh Customer Review dan Celebrity
Endorsement terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel
Moderasi pada Skincare Produk Serum Somethinc. Jurnal Ilmu Manajemen,
(2). https://doi.org/10.32502/JIMN.V12I2.5955
Ainurrokhmah, M. F., Anisa, N. A., & Megasari, A. D. (2023). Pengaruh Harga
Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet By Najla.
Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 44–
https://doi.org/10.61132/MANUHARA.V1I4.165
Amalia, K., & Nurlinda, R. (2022). Pengaruh influencer marketing dan online
customer review terhadap purchase intention melalui perceived value produk
serum somethinc. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi,
Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2383–2398.
https://doi.org/10.54443/SIBATIK.V1I11.353
Aninditya, S., Setiadarma, A., & Irawatie, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of
Mouth Di Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Skincare Somethinc: Ikon (Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi), 28(2), 154–162.
https://doi.org/10.37817/IKON.V29I2.3471
Anissa, R. D., & Tobing, R. P. (2022). Pengaruh Product Review Dan Viral
Marketing Terhadap Purchase Intention Produk Skincare Merek Lokal
Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Volume 4 Nomor 1 Januari-Juni 2025
Indonesia (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Media Sosial TikTok).
JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(1), 133–146.
https://doi.org/10.53625/JOEL.V2I1.3357
Azizah, L., Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran
Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk
Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2), A438–A443.
https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.73923
Bilqist, S., Basalamah, M. R., & Normaladewi, A. (2024). Pengaruh Influencer
Marketing, Brand Awareness, dan Viral Marketing Terhadap Keputusan
Pembelian Skintific di TikTok (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang). EJRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 3934–3942.
https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/25501
Febriani, S., Sriwahyuni, E., & Muttaqin, F. (2023). Efektivitas Review Produk di
TikTok Dalam meningkatkan Minat Beli Mahasiswa UINFAS Bengkulu
Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Keislaman, 6(2), 431–444.
https://doi.org/10.54298/JK.V6I2.3928
Hussain, S., Song, X., & Niu, B. (2023). Pengaruh Dukungan Selebriti, Ulasan
Pelanggan, Dan Pemasaran Viral Pada Media Sosial Tiktok Terhadap
Keputusan Pembelian Produk Somethinc Di Provinsi Lampung. Jurnal
Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan
Informatika (MANEKIN), 2(1 : September), 33–41.
https://doi.org/10.3389/FPSYG.2019.03055
Juliasari, A., Malihah, I., & Hidayati, lydia A. (2022). Efektivitas Penggunaan
Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pemasaran Akun @Somethincofficial.
Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(2), 260–265.
https://doi.org/10.47233/JKOMDIS.V2I2.368
Karmanita, P. S., & Warmika, I. G. K. (2024). Peran Brand Awareness dalam
Memediasi Review Beauty influencer terhadap Keputusan Pembelian.
Comserva : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(10), 3976–
https://doi.org/10.59141/COMSERVA.V3I10.1194
Khairani, F. F., Indriana, L. U., Tirabusky, V. D., Dalimunthe, M. A., & Sazali, H.
(2022). The Use of Tiktok in Increasing Brand Awareness (Case Study on
Mie Gacoan Followers in Medan). Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan
Humaniora, 2(2), 181-188–181–188. https://doi.org/10.53697/ISO.V2I2.832
Khuan, H., Ramdan, A. M., Risdwiyanto, A., Widyastuti, W., & Wahyuning, S.
(2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Pada Produk
Kosmetik Halal Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmiah
Edunomika, 8(1). https://doi.org/10.29040/JIE.V8I1.10747
Masyitoh, I., Silaban, D., & Sulaeman, E. (2024). Strategi Peningkatan Brand
Awareness Melalui Optimalisasi Social Media Instagram Dan Tiktok Untuk
Pengenalan Merek, Produk, Dan Jasa Sanji Eatery. Jurnal Ilmiah
Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA), 1(3), 63–81.
https://doi.org/10.62017/JIMEA.V1I3.1247
Munawaroh, A., & Herlina, L. (2024). Pengaruh Brand Image dan Brand
Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Volume 4 Nomor 1 Januari-Juni 2025
Awareness terhadap Keputusan Pembelian Body Lotion Vaseline (Studi
pada Pengguna Body Lotion Vaseline di TikTok Shop). Jurnal Ilmu Sosial,
Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(3), 391–404.
https://doi.org/10.47747/JISMAB.V5I3.1888
Murhadi, W. R., & Reski, E. C. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran
Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas
Pelanggan Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop). Jurnal
Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 229–240.
https://doi.org/10.32815/JIBEKA.V16I2.471
Nurijayanti, A., Sukamdiani, M., & Perdana, D. N. C. (2023). Pengaruh Review
Produk, Konten Marketing dan Persepsi Harga pada Tiktok terhadap
Keputusan Pembelian Camille Beauty by Nadya Shavira. Jurnal Wiranomika,
(1).
https://jurnal.stiewijayamulya.ac.id/index.php/wiranomika/article/view/14
Permana, E., Ahyani, S., Ramadhanti, D., & Ananda, D. (2023). Strategi
pemasaran dalam membangun brand awareness produk Camille Beauty
melalui platform Tiktok. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 90–99.
https://doi.org/10.55904/COCREATION.V2I2.803
Pramono, A. S. A., & Pradana, M. (2022). The Influence Of Social Media
Marketing Tiktok On Brand Awareness And Purchase Interest (case Study:
Sociolla). EProceedings of Management, 9(2).
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/managemen
t/article/view/17683
Putra, I. P. D. S. S. (2022). Analisis Konten Video Iklan Pada Aplikasi Tiktok Untuk
Meningkatkan Brand Awareness. Nusantara Hasana Journal, 2(3), 293–401.
https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/514
Ramadhani, H., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Equity,
Viral Marketing, Brand Ambassador, Review Produk, dan Customer
Relationship, Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific di
Tiktok Shop. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4),
–717. https://doi.org/10.572349/MUFAKAT.V2I4.983
Salim, M., & Putri, S. E. (2024). Effect Of Viral Marketing And Brand Awareness
On Purchase Intention With Customer Trust As A Mediation Variable in Tik
Tok Shop User. The Manager Review, 6(1), 1–12.
https://ejournal.unib.ac.id/a46/article/view/33525
Sanin, S. B. F., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Media
Sosial Tiktok PT Otak Kanan Untuk Membangun Brand Awarness. Faedah :
Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 74–83.
https://doi.org/10.59024/FAEDAH.V1I3.253
Shafa, K. A., & Hidayat, A. (2022). Social Media Marketing Activities, Brand
Awareness, and Brand Image of Commitment on Somethinc Product Tiktok
Account. Enrichment : Journal of Management, 12(3), 1613–1619.
https://doi.org/10.35335/ENRICHMENT.V12I3.614
Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Volume 4 Nomor 1 Januari-Juni 2025
Sugiharto, N. A., Riyanti, F. A., & Madani, F. (2022). Pengaruh Content Marketing
Dan Content Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee (Survey
pengguna serum Somethinc). Pro Mark, 12(2).
https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/2839
Sulindra, A. N., Ningsih, A. W., Wibowo, A., & Permana, E. (2022). Pemanfaatan
Influencer Produk Somethinc Dalam Strategi Digital Marketing di Kalangan
Masyarakat. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2),
–212. https://doi.org/10.32585/JBFE.V3I2.4102
Sundamanik, R. P., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2024). Pengaruh Influencer
Endorsement dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Produk
Skincare N’Pure Pada TikTok. Management Studies and Entrepreneurship
Journal (MSEJ), 5(2), 6382–6394. https://doi.org/10.37385/MSEJ.V5I2.5012
Tampenawas, J. LA. (2023). Pengaruh Influencer marketing, Conten marketing
dan Efektivitas Tiktok affiliate terhadap Brand Awareness Skincare Hanasui.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,
(3), 772–784.
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/49429
Tarigan, A., & Gunawan, Y. (2024). Pengaruh Brand Image dan E-Wom Terhadap
Minat Beli Skincare Somethinc Pada Shopee. Journal of Management : Small
and Medium Enterprises (SMEs), 17(2), 577–597.