Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal dalam Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Tanaman Hias di Cv Gading Agritama Kota Padang

The Influence of External and Internal Factors in the Decision-Making Process of Consumer Ornamental Plants at Cv Gading Agritama, Padang City

Authors

  • Sintia Maharani Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Indah Febri Annisa Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.37195/arview.v4i2.1677

Keywords:

Faktor Eksternal, Faktor Internal, Keputusan Konsumen, Tanaman Hias

Abstract

Tanaman hias (ornamental plant) merupakan tanaman hortikultura nonpangan, yang dibudidayakan untuk dinikmati nilai estetika atau keindahannya. Tanaman hias termasuk dalam ilmu Florikultura, yaitu ilmu yang mempelajari tentang budidaya tanaman hias seperti bunga potong (cut flower), tanaman pot dan tanaman penghias taman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh faktor eksternal dan faktor internal terhadap keputusan pembelian tanaman hias di CV Gading Agritama.Menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal dan internal memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, baik secara parsial maupun simultan. Hal ini dibuktikan oleh uji T, di mana nilai T hitung faktor eksternal (4,736) dan faktor internal (2,423) lebih besar dari T tabel (1,988). Secara simultan, hasil uji F menunjukkan nilai F hitung (23,579) lebih besar dari F tabel (3,104), atau nilai signifikansi (0,000) kurang dari 0,05. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,692 menunjukkan bahwa 69,2% variasi keputusan konsumen dapat dijelaskan oleh kedua faktor tersebut.

References

Al., latifah alfiani et. (2024). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tanaman Hias (Studi Kasus Di Erista Garden, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 20(2), 1–10.

Ananda, R. F., & Tumanggor, M. B. (2022). Pengaruh Harga Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 109–121. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i2.355

Asiva Noor Rachmayani. (2024). Teori perilaku konsumen dan strategi pemasaran.

Laila, E. J. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian jilbab rabbani di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1).

Ataini, V., Purnomowati, R., & Rochaeni, S. (2021). Pengaruh Faktor Sosial, Budaya, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Bunga Potong (Studi Kasus Pondok Lily Rawa Belong, Jakarta Barat). Sharia Agribusiness Journal, 1(1), 37–70. https://doi.org/10.15408/saj.v1i1.20072

Fiksi Maiza, hadya rizka. (2022). pengaruh Kualitas dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. הארץ, 4(8.5.2017), 2003–2005.

Purwantoadi, Y., & Saino, S. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tanaman Hias Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 12(2), 197–210. https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.565

Ricky Hotri Parlindungan Sihotang, , Juliana Br Simbolon, L. P. N. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Aglaonema (Study Kasus Desa Bangun Sari) Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Ricky. 1(12), 2439–2450.

Silalahi, Rudi Yanto Batara, and Letanli Ayu Susantri. "Pengaruh kualitas produk, tempat, dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian bekas di pasar seken aviari." Jurnal Elektronik REKAMAN 2.2598-8107 (2018): 83-94.

Setyowati, sauqi saifullah. (2022). analisis perilaku konsumen dalam pembelian tanaman hias sekulen secara online di eks kerasidenan surakarta. הארץ, 10(8.5.2017), 2003–2005.

Hidayati, L. N., & Sugiyono, S. (2018). Pengaruh harga, kepercayaan, keamanan, dan persepsi akan risiko terhadap keputusan pembelian sepatu Nike melalui instagram. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(11).

Taufiq, D. M., Limi, M. A., & Slamet, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Tanaman Hias Secara Online Di Kota Kendari Factors Affecting Consumer Behavior on Online Purchase of Ornamental Plants in Kendari City. Jurnal Agri Sains, 6(1), 11–19. http://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JAS/index

Wardoni, I., Widarni, S., & Kusnaman, D. (2023). Kepuasan Konsumen Tanaman Anggrek di Kebun Sekar Gumilang Desa Ketenger Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. AGRIFITIA : Journal of Agribusiness Plantation, 3(1), 32–45. https://doi.org/10.55180/aft.v3i1.345

Noeraini, I. A., & Sugiyono, S. (2016). Pengaruh tingkat kepercayaan, kualitas pelayanan, dan hargaterhadap kepuasan pelanggan JNE Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Yodfiatfinda, Y., & Rahayu, A. W. (2024). Perilaku Konsumen pada Keputusan Pembelian Tanaman Hias di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 29(2), 196–206. https://doi.org/10.18343/jipi.29.2.196

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Maharani, S., & Annisa, I. F. (2025). Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal dalam Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Tanaman Hias di Cv Gading Agritama Kota Padang: The Influence of External and Internal Factors in the Decision-Making Process of Consumer Ornamental Plants at Cv Gading Agritama, Padang City. Jurnal : Agricultural Review, 4(2), 74–86. https://doi.org/10.37195/arview.v4i2.1677